DISHUT PROV KALTENG : OPTIMALKAN KINERJA PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DENGAN PENGELOLAAN WEBSITE KANTOR YANG EFEKTIF


Palangka Raya, Newsinkalteng.co.id - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Bimbingan teknis pengelolaan website kantor dalam mendukung pelaksanaan sistem pemerintah berbasis elektronik yang dilaksanakan di Aula Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Jl. Diponerogo Palangka Raya, Selasa(24/10/2023).

Dengan adanya website yang dikelola dengan baik, Dinas Kehutanan dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini kepada masyarakat mengenai kegiatan, program, dan layanan yang disediakan.

Kepala Dinas Kehutanan yang diwakili oleh sekretaris, Ansar, S. Hut., M.Si., terkait bimbingan teknis pengelolaan website dalam rangka pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik.


“ada sebuah pepatah mengatakan bahwa siapa yang menguasai informasi itulah yang akan menguasai dunia, bukan begitu! Pak saya kira bapak ibu yang hadir di sini sepakat semua ya,”ujarnya membuka kebekuan.

ia juga menjelaskan dengan adanya informasi yang ada baik melalui media cetak maupun online informasi itu sepertinya bisa mengirim kita untuk mempercayai sesuatu isu yang ada.

“Nah isu ini kalau tidak dikelola bisa menjadi masalah manakala kita tidak bisa mengelolanya fungsi kita sebagai badan publik kita sudah terikat di undang-undang keterbukaan informasi publik kalau tidak salah undang-undang 14 tahun 2018 mengenai keterbukaan informasi public,” ujarnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan dengan keterbukaan informasi publik ini sudah dijelaskan bagaimana tata cara pengelolaan informasi sehingga informasi yang diberikan baik dari pemerintah dan lembaga publik harus memastikan bahwa informasi publik yang mereka miliki dikelola dengan baik dan transparan .


“Dalam hal pengelolaan informasi kita ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yang pertama itu penyediaan data, penyediaan data penting karena ini akan nantinya akan berperan dalam menyampaikan bahwa informasi yang akan kita sampaikan itu adalah benar makanya di dinas kehutanan ini sudah dibentuk namanya sudah ada di UPTK tentunya juga harus dibentuk ya pak yang ada dinas provinsi itu penting,”paparnya

Di samping itu dalam mengelola website kantor perlu menyiapkan data tentunya sehingga bagaimana menuangkannya ide-ide dalam narasi berita agar terlihat menarik dan bermanfaat.

“Setelah kita menyusun narasi kita perlu juga yang namanya apa cara desainnya kadang-kadang kita melihat berita kalau desainnya bagus gambar-gambarnya bagus itu kan kita membuat kita menarik melihatnya nah ke depan saya melalui acara ini juga dari narasumber yang nantinya selama ini bergelut di bidang apa fotografi maupun desain grafis bisa memberikan pembekalan kepada bapak ibu semua karena sekarang kiranya milenial nih tampilan berita harus milenial jangan seperti dulu seperti itu Saya kira itu. Jadi, Dinas kehutanan mengharapkan media-media yang sudah ada baik itu website , Instagram Facebook, serta majalah yang bias dikembangkan.” Ungkap Anwar.


Melalui bimbingan teknis ini, diharapkan para pengelola website kantor dapat memahami dan menguasai teknik-teknik pengelolaan website yang efektif dan efisien. Hal ini meliputi pemilihan platform yang sesuai, pengaturan tampilan yang menarik, pengelolaan konten yang informatif, serta pemeliharaan dan pembaruan secara berkala. [Hlm/Red]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama